Selamat Datang di Buletin Konservasi Kepala Burung (Bird's Head) Blog "sebuah Blog yang berisi artikel-artikel seputar konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, dan merupakan media informasi, komunikasi, sosialisasi antar sesama rimbawan dalam menegakkan panji-panji Konservasi..."
Bagi Bapak/Ibu/Sdr/Sdri/Rekan-Rekan Sekalian yang ingin menyampaikan artikelnya seputar Konservasi atau ingin ditampilkan pada Blog ini, dapat mengirim artikel tersebut ke Email Tim Redaksi Buletin : buletinkepalaburung@gmail.com atau ke Operator atas nama Dony Yansyah : dony.yansyah@gmail.com

Rabu, 17 Agustus 2011

PELEPASLIARAN SATWA DILINDUNGI NURI KEPALA HITAM ( Lorius lorry ) (Edisi 9 2011)



Jumat, 22 Januari 2011 di TWA Sorong telah dilakukan pelepasan burung Nuri (Lorius lorry). Burung ini merupakan hasil tangkapan dari masyarakat yang telah dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku. BKSDA Maluku telah menunjuk TWA Sorong yang merupakan salah satu kawasan konservasi lingkup Balai Besar KSDA Papua Barat sebagai tempat pelepasliaran. Tentunya pelepasliaran ini mengingat burung ini merupakan burung endemik di pulau Papua. Sebanyak 8 ekor burung telah dilepasliarkan. Burung-burung ini telah lolos uji kesehatan dari pihak karantina Sorong. 

Pelepasliaran ini telah dilakukan serah terima burung dari pihak BKSDA Maluku kepada Kepala Balai Besar KSDA Papua Barat dan disaksikan oleh pihak BKSDA Maluku, karantina Sorong,  dan BBKSDA Papua Barat.

Burung  burung ini telah merasakan kebebasan di alamnya setelah dilakukan pelepasliaran. Mereka merasa bebas dan leluasa. 

Oleh : Tim Redaksi Buletin Konservasi Kepala Burung

2 komentar: